Minggu, 24 Agustus 2014

Grade Jerawat, Jerawat Kamu Ada di Grade Berapa


Mempelajari dan mengetahui grade dari jerawat yang muncul pada diri kita sangatlah berguna untuk membantu memilih treatment apa yang efektif untuk perihal jerawat tersebut, serta membantu memilih produk dan apakah bisa ditangani sendiri/ harus dengan dokter kulit.

• Grade I
Acne dalam grade 1 adalah bentuk yang paling ringan. Adanya jerawat kecil dan hanya muncul sekali-sekali saja. Blackhead (bintik kecil yang berwarna coklat tua/hitam terdesak di pori-pori permukaan kulit) dan milia (butiran kecil yang berawarna putih dan tidak merahdanbengkak) sering ditemui dalam jumlah yang banyak, biasa terlihat pada masa puber dan dewasa di sekitar (hidung, jidat) dan milia muncul di sekitar (mata , dahi).
Grade 1 ini bisa ditangani dengan produk dari counter yang mengandung salicylic acid. Merespon acne dari tahap muda akan sangat membantu untuk mencegah progress acne ke grade selanjutnya (khususnya pada usia remaja).


  • Grade 2
Acne grade 2 dapat disebut dengan “moderate” acne. Grade ini ditandai dengan adanya blackhead dan milia dalam jumlah yang banyak. Kemudian juga disertai dengan munculnya Papules (jendolan jerawat merah yang tidak memiliki nanah) dan Pustules (jendolan jerawat merah yang terdapat kepala jerawat berwarna putih dan berisi nanah, minyak, kotoran). Munculnya cukup banyak dan terlihat sedikit pembengkakan pada kulit. Jerawat ini biasanya muncul di daerah pipi, hidung, dahi dan daerah lainnya.
Grade 2 acne bisa diatasi dengan produk yang terjual di counter dengan bahan salicylic acid atau lotion benzoyl peroxide secara rutin. Namun jika setelah beberapa minggu tidak membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter kulit. Grade 2 acne sangat cepat progress-nya ke grade 3 acne jika suka memencet dan suka menyentuh jerawatnya.

Wah wah, kalau kamu termasuk ke grade ini jangan suka dipencet ya, kalau tidak akan semakin parah dan menjadi grade 3!

• Grade 3
Pada grade 3 ini, acne dianggap berada pada kondisi lebih berat. Perbedaan antara grade 2 dan grade 3 adalah kulit wajah pada Acne Grade 3 telah terlihat pembengkakan yang lumayan meluas dan berwarna kemerahan. Papules, pustules, dan nodules (jendolan jerawat yang keras dan sakit) bermunculan lebih banyak. Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengand kulit pada tahap ini, karena dibutuhkan resep obat atau treatment serta pengawasan dari dokter. Hal ini karena apabila tidak ditanggapi dengan baik, maka akan segera menjadi Grade 4 Acne.
• Grade 4
Adalah tahap yang sudah lebih “serius” atau “berbahaya”. Sudah termasuk cystic/ nodulocystic acne. Grade ini dikenal sebagai acne vulgaris. Pembengkakan yang dalam terjadi pada kulit wajah, leher ataupun bisa pada bagian tubuh lainnya. Acne sangat padat dan menyeluruh di wajah.
Kondisi seperti ini sering terjadi pada laki-laki remaja ataupun bisa terjadi karena keturunan yang dimana ayahnya juga memilikinya. Pada Grade 4 Acne sudah diharuskan untuk ditangani oleh dokter kulit.

Nah, setelah mengetahui berbagai grade jerawat, ada baiknya kamu mengobati jerawat sesuai dengan grade agar lebih efektif dalam penyembuhannya.

1 komentar: