Jumat, 18 Mei 2012

Barbie : boneka ramping yang doyan dandan





wujudnya memang boneka. Tapi, boneka satu ini jadi idola semua orang termasuk para seleb. Sebut saja Paris Hilton. Dari mulai rambut yang pirang , tubuh yang super langsing, sampai beju - bajunya yang branded, semuanya menyerupai boneka Barbie.
Barbie lahir enggak sengaja lho.. awalnya Ruth Handler melihat anaknya Barbara bermain boneka kertas yang menyerupai profil orang dewasa. Dari situ Ruth berfikir menciptakan boneka yang bentuknya mirip orang. Ide ini diajukan pada sang suami, Elliot Handler, yang mempunyai perusahaan mainan bernama Mattel. Sayang ide ini diragukan oleh bos - bos Mattel lainnya. Pada saat Handler berjalan - jalan ke Jerman dengan anaknya, Barbara, dia melihat boneka lucu bernama Lilly di sebuah toko. Lalu Handler pun membelinya buat anaknya dan perusahaan Mattel.
Boneka Lilly adalah boneka berbentuk orang dewasa yang menggunakan pakaian yang ngetrend di tahun itu (1950). Meskipun boneka untuk orang dewasa, tapi anak-anak suka karena bajunya bisa diganti-ganti. Mattel pun membeli hak cipta boneka Lilly. Dan setelah diperbaharui, lahirlah boneka Barbie. Nama yang diambil dari nama panggilan Barbara.
Barbie yang pertama, kostumnya berupa pakaian renag garis-garis. semua hasil rancangan Charlotte Johnson. pada tanggal 9 Maret 1959, adalah debut pertama boneka Barbie di New York International Toy Fair sekaligus menjadi hari lahirnya Barbie.
Perjalanan Barbie sempat mengundang reaksi beberapa orang tua. Merkea menganggap, boneka ini akan merendahkan self-esteem anak bertubuh gemuk atau tidak sempurna. Pihak Mattel menegaskan bahwa boneka ini adalah boneka fashion, yang mengangkat fashion style semata. Karena boneka fashion juga banyak perancang dunia dengan senag hati membuat baju super mini untuk Barbie. sebut saja Anna Sui, Carolina Herera,.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar